Pola Makan Perut Sixpack

Mengubah kebiasaan hidup menjadi lebih sehat, tentu tidak mudah, tapi jika Anda ingin bisa mendapatkan perut sixpack dengan lebih cepat dan optimal, harus bermula menerapkan gaya hidup sehat seperti :
sixpack

1. Awali Pagi Anda Dengan Air Putih - Minumlah air putih setelah Anda bangun tidur setidaknya 2 gelas air. Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa minum air putih setelah bangun tidur dapat meningkatkan metabolisme tubuh sebesar 24% untuk 90 menit berikutnya. Terlebih lagi, sel-sel otot tumbuh lebih cepat ketika mereka terhidrasi dengan baik. Konsumsi air yang cukup setiap hari dianjurkan untuk membantu membentuk perut sixpack Anda.
2. Gabungkan Protein dan Karbohidrat - dapat disimpan jadi lemak yang bisa menutupi otot perut Anda, karbohidrat tetap dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi.  Jika dipadukan dengan protein, karbohidrat dapat membantu pembentukan otot, terutama jika Anda gabungkan keduanya sebelum dan sesudah latihan. Lebih banyak otot maka lebih banyak lemak yang hilang.
3. Pola makan yang terkontrol - Salah satu penyebab utama orang mengalami perut buncit adalah faktor makanan yang tak terjaga dan asal-asalan. Sehingga bagi anda yang ingin memiliki perut six pack dan rata harus menjaga pola makanan untuk setiap harinya.

Perhatikan Pola Makan Yang Sehat  Dibawah ini :

a. Jangan tinggalkan sarapan - Sarapan sehat merupakan bagian terpenting untuk mendapatkan otot perut ideal. Biasakan sarapan tinggi protein dan rendah karbohidrat untuk mencegah porsi makan yang terlalu besar di siang hari.

b. Hindari makanan cepat saji dan minuman bersoda. Makanan ini hanya akan membuat lemak Anda bertambah dan menghambat pembentukan perut sixpack Anda.

Untuk menu yang lebih sehat Anda bisa mencoba beberapa menu berikut ini:

Sebuah apel dan keju untuk snack pagi Anda.
Konsumsilah karbohidrat kompleks, seperti roti gandum, pasta gandum, oatmeal, beras merah. Makanan ini mengandung lebih banyak serat dan dapat menunda lapar Anda lebih lama. Dan lengkapi dengan makanan berprotein tinggi seperti, ayam, ikan tuna, kacang-kacangan atau olahan kedelai.
Anda bisa tambahkan protein shake ke dalam snack siang Anda.
Makan siang dengan menu sehat setiap hari akan membuat Anda jauh lebih kenyang dan puas. Selain itu, tubuh Anda juga mendapatkan nutrisi yang cukup untuk beraktivitas.

c. Hindari makanan yang terlalu banyak mengandung gula dan garam. Fastfood dan gorengan, adalah contoh makanan yang banyak mengandung gula olahan dan garam. Kandungan gula berlebih yang masuk ke dalam dapat menimbulkan timbunan lemak baru yang dapat menutupi otot-otot Anda, sedangkan mengonsumsi garam berlebih, sering dikaitkan dengan risiko tekanan darah tinggi

d. Contoh Pola makan ala perut six pack
Selain itu hindari jenis makanan yang dapat menghambat perkembangan otot perut seperti nasi putih, roti putih, es krim, fast food, trans fat gula dan makanan apapun yang berfruktosa tinggi. Sebaliknya Anda dapat mengkonsumsi makanan yang bisa membantu Anda membentuk otot perut seperti: oatmeal, roti gandum, buah dan sayur-sayuran, kacang-kacangan, putih telur, dada ayam, ikan air, teh hijau dan protein.

Sederhananya untuk mendapatkan perut sixpack, yang Anda butuhkan adalah asupan makanan sehat dalam porsi yang cukup. Jika Anda makan terlalu sedikit maka otot Anda mengalami penyusutan. Sedangkan jika Anda makan terlalu banyak maka lapisan lemak akan menutupi otot yang selama ini Anda bentuk dengan susah payah.

Untuk membantu Anda mendapatkan perut six pack idaman berikut contoh pola makan yang dapat Anda coba:

Menu Sarapan

1 telur rebus atau omelet
2 potong roti gandum atau 1 cangkir oatmeal
Snack

1 (jus) buah jeruk / apel / pisang / pir

Menu Makan Siang

150 g protein daging (ayam /  sapi /  ikan)
100 g serat sayur
50 g beras merah
Snack

1 potong roti gandum atau 1/2 gelas oatmeal
1 ons ikan / daing panggang
Asupan Sebelum Latihan

1 buah pisang
Asupan Setelah Latihan

1 buah pisang atau 5 butir anggur
Susu tinggi protein

Menu Makan Malam

150 gram daging putih (dada ayam / ikan)
100 gram serat sayur
Sebelum Tidur

Susu tinggi protein dengan kadar gula dan lemak yang rendah
Tips Tambahan: Porsi di atas dapat di sesuaikan dengan ukutan tubuh Anda. Selain itu waktu konsumsi menu di atas tidak mengikatan dan dapat disesuaikan dengan aktivitas dan jadwal latihan Anda. Yang paling penting usahakan makan sebanyak 5-6 kali (porsi kecil) dalam satu hari.

4. Olah raga Pembentuk Otot Perut dan Penghilang Lemak Perut

Cara yang selanjutnya yang harus anda kerjakan guna mendapatkan perut six pack dan rata adalah olahraga pembentuk otot perut dan penghilang lemak perut, apakah olahraga yang bisa anda kerjakan ini? seperti latihan kardio adalah latihan yang tepat untuk menyingkirkan lemak berlebih. Bagi pria, setidaknya harus menurunkan 12% lemak tubuh dan bagi wanita sekitar 14% lemak tubuh.

Bagaimana cara penerapan olahraganya?

a. Caranya lakukan latihan kardio! Lakukan latihan beban sebelum melakukan latihan kardio, maka tubuh akan membakar lemak lebih banyak. Metode kardio yang paling efektif untuk membakar lemak adalah HIIT (High Intensity Interval Training).

Contoh penerapannya:

Lakukan pemanasan dengan jogging 3-5 menit
Kemudian lari sekuat tenaga selama 10-15 detik
Jalan cepat 10 detik
Kemudian lari sekuat tenaga 10-15 detik
Begitu seterusnya dalam kurun waktu 4-5 menit.

b. Rutin Melakukan Sit-Up - Latih perut bawah dengan melakukan sit-up lebih rendah berbalik:

Berbaringlah di lantai telentang dengan lutut ditekuk dan kaki di lantai
Letakkan tangan di belakang kepala
Tarik napas dan angkat pinggul dari lantai untuk membawa lutut ke dada
Angkat bahu dari lantai pada waktu yang sama
Hembuskan napas sebelum menurunkan diri kembali ke posisi awal
Lakukan tiga set masing-masing 10 pengulangan.

c. Lakukan Latihan Perut V-Duduk - Lakukan latihan perut untuk membentuk perut. Lakukan latihan seperti V-duduk.

Berbaring telentang di lantai dengan kedua lengan terentang di atas kepala
Tarik napas, angkat lengan dan kaki untuk membentuk sebuah "V" dengan tubuh
Mencapai jari-jari ke arah jari-jari kaki dan menghembuskan napas setelah mencapai bagian tersulit dari latihan
Rendahkan diri kembali ke posisi awal
Lakukan sampai tiga set masing-masing 10 pengulangan

d. Latihan Secara Merata - Kalori dan lemak tubuh akan terbakar seiring meningkatnya aktivitas tubuh. Lakukan latihan secara merata untuk semua bagian tubuh, dalam menu latihan, yang terpenting adalah rutin dan merata untuk semua otot agar membentuk perut sixpack.

e. Latihan Secara Intensif - Lakukan aerobik aktif tiga sampai lima hari seminggu selama 45 menit setiap hari. Seperti jogging, bersepeda, berenang atau berolahraga pada mesin elips. Kombinasikan interval intensitas tinggi dalam rutinitas latihan Kamu untuk membakar kalori ekstra. Jogging selama tiga menit dan mempercepat untuk sprint selama satu menit sebelum kembali ke kecepatan jogging. Ulangi urutan ini sepanjang waktu latihan Kamu.

f. Menambah Beban pada Latihan - Melakukan latihan yang sama setiap hari tanpa meningkatkan beban latihan akan membuat tubuh beradaptasi dengan latihan yang itu-itu aja, sehingga massa otot juga gak akan meningkat dengan signifikan. Untuk membentuk otot perut dengan efektif, tambahlah beban pada latihan abdominal Kamu secara bertahap dan cobalah latihan lain yang lebih menantang, sehingga otot perut akan terstimulasi untuk tumbuh dan lebih tebal.

g. Hindari Teknik Latihan yang Salah - Teknik latihan yang salah merupakan halangan pertama yang dapat menggagalkan usaha mendapatkan perut sixpack. Bahkan ketika sudah berlatih cukup keras. Misalnya ketika melakukan "crunch", akan lebih menggunakan otot leher untuk mengangkat tubuh daripada menggunakan otot perut. Atau melakukan "repetisi" terlalu cepat dan tak beraturan. Padahal melakukan repetisi lebih pelan dan periodik lebih banyak melibatkan serat otot daripada repetisi yang terlalu cepat.

5. Istirahat Secara Teratur - Istirahatlah yang cukup untuk mendapatkan perut sixpack. Tubuh membutuhkan istirahat dari latihan untuk fase pembentukan dan pemulihan otot. Untuk itu, berikan jeda waktu antar sesi latihan yang cukup. Dalam latihan, istirahat antar set cukup 1-2 menit. Ini penting sekali agar otot tetap ngepump dan mengembang saat latihan.

6. Tidur Yang Cukup - Terapkan kebiasaan tidur yang cukup untuk mendapatkan perut sixpack. Tubuh sebenarnya membutuhkan 7-8 jam tidur untuk fase pertumbuhan dan pembentukan otot. Penelitian menyebutkan bahwa orang yang tidur kurang dari 3 jam perhari secara berturut-turut dapat menyebabkan sel otot menjadi anti terhadap hormon insulin. Hal ini menyebabkan penimbunan lemak dan memiliki risiko kelebihan berat badan.

7. Hindari Stres - Stres bisa menjadi batu sandungan untuk mendapatkan perut sixpack. Stres dapat mengakibatkan tubuh memproduksi hormon kortisol yang dapat mempengaruhi nafsu makan. Untuk mengatasi stres, lakukanlah latihan pernapasan, pilates ataupun yoga.

Itulah beberapa info dan penjelasan tentang tips membuat perut six pack yang bisa kamu lakukan. Cara ampuh yang sehat untuk membentuk perut six pack diatas semoga bermanfaat.

http://www.belanjaalkes.com/blog/2015/11/7-cara-ampuh--membentuk-perut-sixpack

No comments:

Post a Comment